Tips Merawat Barang Elektronik Agar Tidak Cepat Rusak

Tips Merawat Barang Elektronik Agar Tidak Cepat Rusak

Moirfranciscomosquera –┬áSeperti barang lainnya, barang elektronik seperti mesin cuci, kulkas, televisi, setrika, handphone, komputer, laptop, AC dan lain-lain juga perlu perawatan.

Plus, mereka juga punya keterbatasan, jadi jangan paksa mesin mereka untuk selalu bekerja.

Hanya manusia, jika lelah tetapi harus bergerak, bisa pingsan dan sakit. Hal yang sama berlaku untuk elektronik. Karena sewaktu-waktu bisa juga rusak, atau bahkan rusak jika tidak ditangani dengan baik.

Mereka tidak dirawat layaknya makhluk hidup, tips merawat barang elektronik memiliki caranya masing-masing yang perlu Anda pahami.

Sementara itu, perawatan produk elektronik dilakukan, agar barang tersebut bisa lebih awet dan tidak mudah rusak.

1. Letakkan di permukaan yang rata dan kering serta hindari sinar matahari langsung

Saran pertama untuk perawatan produk elektronik adalah letakkan di tempat yang rata dan kering, serta hindari sinar matahari langsung.

Meski datar, kering, dan tidak terkena sinar matahari langsung, jangan letakkan di ruangan lembab dengan sirkulasi udara yang minim.

Pasalnya, barang elektronik yang diletakkan di ruangan gelap dan lembap dengan sirkulasi udara minim dapat cepat berkarat dan berjamur.

Hanya dengan mengikuti tips ini Anda akan menemukan bahwa barang elektronik tidak bisa kepanasan dan tidak mudah rusak dengan cepat.

Selain itu, penting juga untuk menempatkan benda-benda elektronik di tempat yang sulit dijangkau anak-anak, karena bisa berbahaya, seperti tersengat listrik, jatuh, pecah atau tertimpa.

2. Beri waktu istirahat

Tips selanjutnya dalam merawat barang elektronik adalah merencanakan downtime yang memadai. Jadi, bukan hanya karena suka nonton serial Korea di TV, lupa waktu dan tidak mematikan TV selama 24 jam tanpa gangguan.

Hanya mata manusia saja yang akan lelah jika harus bekerja seharian, belum lagi mesin yang bisa panas dan short. Namun, jika ingin TV dan barang elektronik lainnya awet, sebaiknya jangan digunakan terus menerus.

Jika manusia perlu tidur, benda elektronik juga perlu istirahat, mematikan motor, agar panas setelah digunakan dapat hilang dan motor tetap dalam keadaan baik.

3. Pastikan listrik di rumah stabil

Sering disepelekan atau bahkan disalahpahami, tips perawatan perangkat elektronik ini juga penting, termasuk memastikan arus listrik di rumah Anda stabil.

Pasalnya, jika arus listrik di rumah Anda tidak stabil, maka dapat mempercepat kerusakan komponen perangkat elektronik yang dicolokkan.

Tidak hanya itu, penggunaan soket juga memerlukan perhatian khusus. Pastikan saat kepala kabel terpasang harus pas, tidak longgar dan tidak kencang.

Karena bisa merugikan pengguna, apalagi saat ingin mencabutnya. Risiko tersengat listrik lebih besar.

4. Simpan kartu garansi elektronik Anda

Saat Anda membeli produk elektronik, hampir pasti Anda akan mendapatkan kartu garansi elektronik, baik dari pabrik maupun dari toko.

Nah, tips merawat barang elektronik juga sering disepelekan. Dengan asumsi barang elektronik yang dibeli tidak akan menjadi masalah, Anda tinggal membuangnya.

Padahal, kartu garansi sangat penting dan hemat biaya, ketika perangkat elektronik Anda bermasalah.

Pada kartu garansi, Anda dapat meminta servis gratis hingga barang diganti, jika masih dalam masa garansi.

Sehingga ketika Anda mengalami masalah, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang dan barang elektronik Anda dapat diperbaiki di tempat resmi.

5. Bersihkan secara teratur

Tips perawatan barang elektronik yang selalu dianggap mengganggu adalah dengan rutin membersihkannya.

Terkadang orang hanya menggunakannya tanpa menyadari bahwa barang elektronik tersebut penuh dengan debu, kotoran, jamur, jamur dan lainnya.

Selain terlihat kotor, debu dan kotoran lainnya juga dapat mempengaruhi pengoperasian motor dan komponen elektronik lainnya.

Anda hanya perlu membersihkan bagian-bagian yang kotor dan akan mengganggu produk elektronik.

Sumber: https://www.kelasplc.com/